Pemprov Banten Raih Penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak

Pemprov Banten Raih Penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak

Makasar – Pemerintah Provinsi Banten mendapatkan penghargaan sebagai Pelopor Provinsi Layak Anak (PROVILA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kementrian PPPA). Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Menteri PPPA Yohana Yembise kepada Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di Hotel Four Point, Makasar, Sulawesi Selatan. Selasa malam, 23/07/2019.

Wagub merasa bangga Provinsi Banten mendapatkan penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak. Andika menyatakan bahwa Ini adalah bukti Provinsi Banten sangat konsisten dan konstan memperjuangkan hak anak.

Penghargaan dari Kementerin PPPA ini, bisa diraih oleh Provinsi Banten karena Gubernur dan Wakil Gubernur dinilai berhasil sebagai pembina, pengawas dan mengawal 8 kabupaten/kota yang telah mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota layak anak.

Penghargaan yang diperoleh Kabupaten/Kota untuk Pratama yaitu Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.
Sedangkan untuk Madya Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Cilegon sedangkan untuk Kota Tangerang Selatan memperoleh Nindya.

Selain itu Kabupaten Lebak di nobatkan sebagai Pembina Forum Anak Terbaik dan Kota Tangerang sebagai Puskesmas Ramah Anak Terbaik.

Sementara itu Menteri PPPA Yohana Yembise menegaskan bahwa provinsi tidak akan mendapatkan penghargaan layak anak apabila semua kabupaten/kota di wilayahnya belum mendapatkan penghargaan Kabupaten/ Kota layak anak (KLA).

Di tempat yang sama Kepala DP3AK2B Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina menjelaskan bahwa rangkaian pelaksanaan Hari Anak Nasional Tahun 2019 ini berlangsung sejak tanggal 22 Juli dan ditutup dengan pemberian penghargaan Kab/Kota Layak Anak (KLA) 2019. Nina mengatakan bahwa KLA ini adalah bagaimana komitmen kepala daerah untuk pemenuhan terhadap hak anak. “ Alhamdulillah Provinsi Banten pada tahun ini sudah mencapai target “ jelas Nina.

Berikut pencapaian penghargaan KLA yang diraih oleh Kab/Kota se – Provinsi Banten dari Tahun 2016 :

  1. Tahun 2016 : Kota Tangerang Selatan (kategori pratama)
  2. Tahun 2017 : Kota Tangerang Selatan, Kab. Tangerang, Kota Tangerang (kategori Pratama)
  3. Tahun 2018 : Kota Tangerang Selatan dan Kab. Tangerang (naik peringkat menjadi kategori madya), Kota Tangerang, Kota Cilegon, dan Kota Serang (Kategori Pratama)
  4. Tahun 2019 :
    1) Provinsi Banten (Kategori Pelopor Provinsi Layak Anak)
    2) Kab/Kota Kategori Pratama : Kota Serang, Kab. Serang, Kab. Lebak, Kab. Pandeglang
    3) Kab/Kota Kategori Madya : Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Kota Cilegon
    4) Kab/Kota Kategori Nindya : Kota Tangerang Selatan
    5) Kab/Kota Kategori Pembina Forum Anak Terbaik : Kab. Lebak
    6) Kab/Kota Kategori Puskesmas Ramah Anak Terbaik : Kota Tangerang

(Redaksi, Tim Media Wagub, Sub. Bagian Peliputan dan Dokumentasi Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan Provinsi Banten)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *