Blusukan ke Selatan, Wagub Dicurhati Siswa SMA Soal Internet dan Jalan

Blusukan ke Selatan, Wagub Dicurhati Siswa SMA Soal Internet dan Jalan

Lebak –  Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan kunjungan dadakan ke sejumlah wilayah di selatan Banten, Kamis (23/10/2019), usai menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Rahmatan Lil Alamin di Kawasan wisata Negeri di Atas Awan, Gunung Luhur, Citorek, Kabupaten Lebak. Dalam kunjungan dadakannya ke sejumlah sekolah yaitu SMAN 2 Cibeber dan SMKN 1 Cipanas, wagub mendapatkan sejumlah aspirasi, mulai dari siswa dan guru di sekolah yang dikunjunginya hingga dari Jaro atau Kepala Desa setempat.

Di SMAN 2 Cibeber misalnya, seorang siswa mengeluhkan jaringan internet di wilayahnya yang menurut dia sangat dibutuhkan pelajar dan anak muda seperti dirinya. “Sebagai referensi untuk mata pelajaran dan juga untuk mengetahui dunia luar kan kami butuh internet Pak. Sementara di sini jaringan 4G belum ada,” kata siswa tersebut dalam sesi audiensi dengan wagub di sekolahnya itu.

Mendapati keluhan tersebut, wagub mengamini bahwa jaringan internet yang baik sangat dibutuhkan di era serba digital ini, tak terkecuali bagi warga pedesaan. “Apalagi kan sekarang ini kita menghadapi era yang disebut revolusi industri 4.0 di mana semua hal sangat serba digital,” kata wagub seraya berjanji akan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait menyangkut bagaimana kemudian di daerah pedesaan hambatan jaringan internet bias diatasi.

Usai beraudiensi dengan para siswa, berikutnya warga yang mengetahui kedatangan wagub pun mulai berdatangan. Tak terkecuai dari unsur pemuda dan pemerintahan desa setempat. Masih di sekolah yang sama, akhirnya wagub menyempatkan diri untuk menemui Karang Taruna setempat. Kepada wagub, para kader dan pengurus Karang Taruna itu, memamerkan karya kerajinan tangan mereka berupa cinderamata yang terbuat dari batok kelapa.

“Alhamdulillah semenjak adanya Wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur, sehari kami bisa menjual sedikitnya 10 unit kerajinan ini dengan harga bervariasi mulai dari Rp10 ribu hingga 50 ribu. Hanya kami terkendala di permodalan kalau kami ingin mengembangkan lagi kerajinan ini dalam artian diperbanyak pengrajinnya juga diperbanyak produknya,” kata pemuda Karang Taruna setempat kepada wagub.

Pada kunjungannya kali ini, wagub juga terlihat concern memantau fasilitas di sekolah-sekolah yang dia kunjungi. Di dua sekolah yang dikunjungi, wagub tampak puas dengan fasilitas yang ada, mengingat dia mendapati fasilitas berupa bangunan dan mebeler dalam kondisi baik dan baru. “Alhamdulillah kami di sini, selain mendapatkan program renovasi dan mebeler dari Dinas Pendidikan Pemprov Banten juga mendapatkan bantuan laboratorium computer dari Kementreian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pemprov Banten di Kabupaten Lebak Sirojudin Alfarisy yang mendaampingi wagub dalam mengunjungi sekolah-sekolah tersebut.

Pantauan di lokasi, usai dari SMAN 2 Cibeber kemudian wagub bertolak menuju SMKN 1 Cipanas untuk meninjau hal serupa di sekolah yang memang masih merupakan wewenang Pemprov Banten itu. Wagub tampak dibonceng menggunakan sepeda motor untuk mencapai kendaraan dinasnya di jalan raya, karena jalan akses menuju dan dari SMAN 2 Cibeber tengah dilakukan perbaikan sebagaimana terungkap dalam audiensi, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Editor : Adityawarman

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *