Walikota Serang Intruksikan BKPSDM Buat Syarat CPNS Tak Pindah Bila Lolos

Walikota Serang Intruksikan BKPSDM Buat Syarat CPNS Tak Pindah Bila Lolos

Serang – Walikota Serang Syafrudin akan mengintruksikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, membuat persyaratan tugas bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari luar daerah yang lolos.

Hal itu dikatakan usai Syafrudin meninjau lokasi tes CPNS, di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, Kamis (13/2/2020).

“Jadi syaratnya itu harus pindah domisili, dan menjadi masyarakat Kota Serang,” ungkapnya.

Hal itu menurut Syafrudin, agar CPNS dari luar daerah Kota Serang, tidak mengajukan pindah tugas apabila sudah lolos dan bekerja selama dua atau tiga tahun.

Syafrudin mengatakan, para CPNS yang mengikuti tes di Kota Serang, bukan hanya berasal dari Kota Serang. Melainkan dari daerah terdekat seperti Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak, dan bahkan ada yang dari Lampung.

Lanjutnya, kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) di Kota Serang yakni sekitar 6.600 orang. Namun, saat ini kuotanya hanya 215 orang.

“Keinginannya, yang lolos ini masyarakat dari Kota Serang. Sehingga apabila sudah menjadi ASN tidak berencana pindah tugas,” kata Syafrudin.

Syafrudin berharap, dalam mekanisme tes CPNS ini sesuai zona wilayah. Artinya yang mengikuti tes di Kota Serang merupakan masyarakat Kota Serang.

“Seperti dalam pendidikan di zona gitu. Sebab ASN yang dari luar daerah itu, baru juga dua atau tiga tahun tugas, sudah mengajukan pindah tugas,” ungkapnya.

Sementara Kepala BKPSDM Kota Serang, Ritadi mengatakan, tes CPNS dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 13-15 Februari 2020. Lanjutnya, dihari pertama ada 5 sesi, hari kedua 4 sesi, dan di hari terahir yakni 5 sesi.

“Dari jumlah 3.184 orang peserta, tes dihari pertama diikuti oleh 1.150 orang peserta dibagi lima sesi. kita beri waktu selama 90 menit untuk mengerjakan soal tes persesi, dan setelah selesai nilainya langsung keluar,” katanya.

Ritadi membeberkan, kuota ASN yang disediakan di Kota Serang yakni sekitar 215 orang, kebutuhan terbanyak ditenaga pendidikan yakni sekitar 174 orang. (SM)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *