Muswil VI PAN Banten, Walikota Hingga Anggota Dewan Bersaing Ketat

Muswil VI PAN Banten, Walikota Hingga Anggota Dewan Bersaing Ketat

SC dan OC Muswil VI memberikan keterangan seusai menerima pengembalian berkas terakhir calon formatur Ketua DPW PAN Banten.

Serang – Tujuh calon bakal calon formatur Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nadional (PAN) telah mengembalikan berkasnya pada setrring comite (SC) dikantor DPW PAN, Taktakan, Kota Serang.

Dengan demikian, pendaftaran bakal calon formatur Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Banten periode 2020 – 2025 yang dibuka dari tanggal 13 juli 2020 telah ditutup pada hari ini 19 juli 2020.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah menyelesaikan tugas, semua calon mengembalikan berkas yang mereka ambil, semuanya sudah mengembalikan formulir pendaftaran.” Kata Syamsuddin Idris Ketua SC pada awak media dikantor DPW PAN Banten. Minggu (19/07/2020).

Syamsuddin menjelaskan, untuk proses selanjutnya nanti, berkas dari tujuh nama yang telah masuk, akan di laporkan pada DPW.

“Hasil hari ini nanti akan kita laporkan pada dpw, kita bawa berkas seluruh calon ke DPW, nah setelah dilaporkan ke DPW, nanti akan dilaporkan kembali ke DPP, jadi kita tidak menyeleksi dan sebagainya, jadi semuanya diserahkan ke DPP, itu menurut Peraturan Partai PP no 3 tahun 2020,” jelasnya.

Sementara itu Yana suryana sekretaris SC menambahkan, dalam prosenya, dari ketujuh nama bakal calon yang telah masuk, nanti akan ditentukan dan di seleksi di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

“Dari DPW berkas yang ada diserahkan ke DPP untuk dimintakan persetujuan tentang calon formatur yang mendaftar atau yang mengambil formlir, jadi diminta persetujuan di DPP, nanti ketika muswil dari DPP nanti akan diterbitkan SK Persetujuan dari tujuh calon ini apakah disetujui seluruhnya atau tidak, jadi DPP punya kewenangan itu dan punya kebijakan itu tadi di Peraturan Partai nomer 3 tadi,” terangnya.

Jika misalkan nanti DPP menurunkan persetujuannya lebih dari 4 orang, maka terjadi pemilihan formatur, bukan ketua.

“Kalau yang keluar dari DPP lebih dari 4 nama, bakal dilakukan pemilihan, tapi bukan pemilihan sebagai Ketua, melainkan pemilihan formatur, 4 formatur, kalo memang DPP memberikan persetujuan kurang dari  atau pas , maka langsung ditetapkan sebagai formatur, bukan ditetapkan sebagai ketua formatur atau ketua DPW bukan, jadi ditetapkan, 4 formatur, jadi tugas 4 formatur nantinya mereka sendiri yang akan berembuk, musyawarah memilih masing-masing,” ungkapnya.

Dari Tujuh nama Bakal calon yang telah masuk, Tambah Yana diantaranya, Masrori Ketua DPW PAN Banten Periode 2015-2020; Maryani Sekretaris DPW PAN Banten Periode 2015-2020; Dede Rohana Putera Bendahara DPW PAN Banten Periode 2015-2020 sekaligus Anggota DPRD Banten; Hadi Mawardi Anggota DPRD Banten Ketua DPD PAN Pandeglang; Syafrudin Walikota Serang; Erwin Muchlisin Ketua DPD PAN Kota Serang; Edison Sitorus Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Cilegon.

“Alhamdulillah hampir semua bakal calon yang daftar mewakili daerah yang ada di provinsi Banten, kita berharap nantinya akan dapat melahirkan ketua DPW yang mumpuni yang dapat membawa Partai Amanat Nasional lebih maju dan berkembang lagi kedepannya.” Pungkasnya.

Muswil VI Digelar Secara Virtual

Terkait pelaksanaan Muswil VI yang rencananya akan digelar tanggal 25 Juli 2020, Agung Sukmana Ketua OC menjelaskan pihaknya masih menunggu jawaban dari DPP terkait waktu pelaksanaan Muswil.

Muswil VI PAN Banten akan digelar dengan secara virtual dengan zoom meeting. Para peserta muswil yang hadir di DPW PAN dibatasi, hanya sekitar 100 orang. Mereka adalah pengurus harian DPW PAN Banten dan perwakilan DPP. Sementara peserta lainnya yaitu DPD PAN kabupaten kota dan DPC PAN se-Banten di kantor DPD PAN kabupaten kota masing-masing. Mereka akan mengikuti muswil secara virtual dengan tetap mengindahkan physical distancing.

“Meski dilakukan secara virtual di tengah pandemi Covid-19 tidak mengurangi nuansa demokraktisnya. “Muswil tetap semarak kok,” Tegas Agung. (Faizudin)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *