Catat! Ini Barang Elektronik yang Perlu Dimatikan Saat Pemadaman Listrik

Catat! Ini Barang Elektronik yang Perlu Dimatikan Saat Pemadaman Listrik

Remote Ac. Sumber: pinterest.com

Listrik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi setiap manusia. Dengan adanya listrik, kita bisa melakukan berbagai kegiatan dengan mudah. Misalnya, memasak dengan kompor listrik tanpa gas, menonton tayangan hiburan di TV, lampu yang akan membuat ruangan terang, komputer yang perlu listrik untuk beroperasi, mesin cuci yang akan memudahkan kegiatan mencuci pakaian dan lain sebagainya. Maka gak heran, saat listrik mengalami pemadaman banyak kegiatan masyarakat yang terganggu dan tidak terselesaikan dengan baik.

Selain membuat kegiatan terganggu, pemadaman listrik yang terjadi secara mendadak juga bisa memberi dampak buruk pada beberapa peralatan elektronik yang ada, seperti komputer, televisi dan pendingin ruangan. Kerusakan bisa terjadi pada barang elektronik jika tidak dimatikan ketika listrik padam. Oleh sebab itu, jangan terlalu panik saat listrik padam, segera lakukan lima langkah penting berikut!

  • Cabut Aliran Listrik Komputer

Bagi kamu yang memiliki komputer di rumah, cabutlah aliran listrik yang terhubung langsung dengan komputer PC saat terjadi pemadaman listrik. Pasalnya, hardisk salah satu komponen komputer yang sering rusak ketika pemadaman listrik secara tiba-tiba atau komputer tidak dimatikan dengan benar. Jika hal ini sering terjadi pada komputer PC, maka bisa mempercepat kerusakannya. Untuk itu, saat mati listrik, langsung cabut aliran listrik di komputer PC milikmu untuk meminimalisir kerusakan pada komputer PC kesayanganmu!

  • Matikan Lampu Di Ruangan

Lampu ruangan yang tadinya menyala harus segera dimatikan saat listrik padam. Tapi, biarkanlah satu lampu ruangan menyala agar bisa mengetahui listrik sudah menyala apa belum ketika pemadaman listrik telah berakhir. Apalagi kalau pemadaman listriknya terjadi saat malam hari, kamu jadi sulit tahu apakah listrik sudah mulai menyala apa belum.

  • Cabut Kabel Listrik Peralatan Elektronik Rumah Tangga

Selama pemadaman listrik, disarankan untuk mencabut kabel listrik yang tersambung pada microwave, kompor listrik, televisi, penghangat air, NVR CCTV , mesin cuci dan penanak nasi. Ini karena lonjakan daya listrik secara tiba-tiba ketika listrik kembali menyala dapat menyebabkan kegagalan pada perangkat keras internal yang berujung terjadi kerusakan.

  • Sebaiknya Tetap Menyalakan Kulkas

Meski menjadi perabotan rumah tangga, kulkas atau lemari es sebaiknya tetap dibiarkan terhubung dengan aliran listrik sekalipun ada pemadaman listrik. Karena suhu dingin kulkas tetap mampu bertahan 3 hingga 4 jam saat kondisi tertutup rapat. Sehingga dianggap dapat menjaga kondisi bahan makanan yang ada didalamnya.

  • Matikan AC atau Pendingin Ruangan

Selain jarang dibersihkan, tidak diganti filter AC, dan suhu AC yang terlalu rendah, pendingin ruangan atau AC juga bisa cepat rusak kalau aliran listriknya tidak dimatikan saat pemadaman listrik. Maka dari itu, jangan lupa untuk langsung matikan AC Panasonic 1 PK milikmu saat ada listrik padam dan tunggu beberapa menit untuk kembali dinyalakan. Kalau kebiasaan ini diterapkan dan rutin memberi perawatan pada AC, kemungkinan besar AC milikmu bisa awet dan tahan lama.

Jika listrik sudah kembali menyala, sebaiknya tunggu beberapa menit untuk menyalakan kembali barang elektronik di rumah dan nyalakan satu per satu, lakukan dari hal yang penting dulu, misalnya lampu ruangan. Ini dilakukan agar dapat menghindari terjadinya korsleting listrik atau hubungan arus pendek yang tentunya sangat berbahaya jika terjadi. Jangan lupa dipraktekan langkah-langkah tadi saat terjadi pemadaman listrik di rumah, ya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *