ICMI Banten Gelar Pengabdian di Pulau Sanghiang

ICMI Banten Gelar Pengabdian di Pulau Sanghiang

Ketua ICMI Banten didamping Sekretaris memberikan Bantuan kepada Warga Pulau Sanghiang. Foto istimewa

Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orwil Banten kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pulau Terpencil di Provinsi Banten. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2021 yang lalu tersebut, diselenggarakan di pulau Sanghiang, kecamatan Anyer, Kabupaten Serang setelah kegiatan sebelumnya di pulau Panjang, tahun lalu.

Ketua ICMI Orwil Banten, Lili Romli Kepada Redaksi Reportase Banten yang dihubungi melalui sambungan telpon, Mingg (17/10/2021). Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pengurus ICMI Orwil Banten terhadap masyarakat Banten terutama yang tinggal di pulau-pulau terpencil yang memiliki posisi strategis sebagai front terdepan provinsi Banten.

Menurutnya, pulau-pulau di provinsi Banten sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa besarnya yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Pulau Sanghiang misalnya selain memiliki keindahan alam yang eksotis dan indah, juga memiliki kekayaan bahari dan hasil laut yang jika dapat dioptimalkan, akan dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Peran ICMI juga bisa dimaksimalkan misalnya bagaimana mengatasi keterbatasan energy listrik agar masyarakat pulau Sanghiang dapat merasakan jaringan listrik dan internet secara penuh sepanjang waktu dengan memanfaatkan potensi yang ada di pulau ini misalnya dengan memanfaatkan energy angin atau matahari untuk menghasilkan listrik.

Terkait dengan permasalahan yang tengah dihadapi oleh masyarakat pulau Sanghiang, ICMI Banten menurut Lili Romli, mendorong pemerintah untuk memperhatikan keberadaan, kesejahteraan, dan keamanan masyarakat pulau Sanghiang yang sudah mendiami pulau tersebut sejak tahun 1930an.

Sedangkan camat Anyer dalam sambutannya mengungkapkan terimakasih kepada ICMI Orwil Banten yang telah mengunjungi pulau Sanghiang dan mengingatkan warga Sanghiang bahwa pada saat Tsunami Selat Sunda tiga tahun lalu, ICMI Banten juga memberikan bantuan satu mobil box berisi sembako untuk warga Sanghiang saat itu.

Sementara perwakilan warga Sanghiang yang turut hadir dalam kegiaatan ICMI Banten tersebut mengucapkan syukur dan terimakasih kepada seluruh pengurus ICMI Banten yang telah mengunjungi warga Sanghiang dan memberikan bantuan sembako untuk warga Sanghiang. Dia berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Selain itu, perwakilan warga juga berdoa untuk kesehatan dan kesuksesan selalu seluruh pengurus ICMI Banten.

Sekretaris ICMI Banten, Rohman, mengungkapkan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di pulau terdepan dan terpencil ini akan secara regular dilaksanakan paling tidak setahun sekali. Rencananya untuk pelaksanaan PKM selanjutnya insya Allah akan dilaksanakan di pulau Tunda yang juga terletak di Kabupaten Serang.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *