Walikota Cilegon Helldy Agustian Ingin Masyarakat Terlibat Dalam Pelayanan Publik

Walikota Cilegon Helldy Agustian Ingin Masyarakat Terlibat Dalam Pelayanan Publik

Cilegon – Pemerintah Kota Cilegon melalui Bagian Organisasi Sekretaris Daerah Kota Cilegon menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik dengan tema “Pendidikan Berkualitas Untuk Masyarakat Cerdas Menuju Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat” yang bertempat di Kecamatan Cibeber, Selasa, (28/12/2021).

Forum Konsultasi Publik (FKP) merupakan kegiatan dialog, diskusi dan pertukaraan opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat dalam hal membahas rancangan kebijakan, penerapan kebijakan, dampak kebijakan serta evaluasi pelaksanaan kebijakaan ataupun permasalahan terkait pelayanan publik yang lebih efektif dan transparan.

Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik ini tertuang pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 tentang pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang baik. “Kualitas pelayanan publik yang baik tidak terlepas dari adanya keterlibatan masyarakat, yang mana diharapkan antara kemampuan penyelenggara layanan dengan harapan publik dapat selaras sehingga meminimalisir dampak kebijakan yang dapat merugikan publik,” ujarnya.

Helldy juga menjelaskan jika keterlibatan masyarakat dalam pelayanan publik tersebut mengacu pada Undang – Undang No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. “Perlu kami sampaikan bahwa pelibatan masyarakat dalam pelayanan publik ini mengacu pada Undang – Undang No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan peraturan Pemerintah No 96 Tahun 2012 tentang pelaksanaan undang – undang pelayanan publik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Helldy berharap Perangkat Daerah di Kota Cilegon mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik. “Saya berharap seluruh perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon ini dapat mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik sehingga pelayanan publik tersebut dapat semakin baik, berkualitas dan diterima oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cibeber Noviyogi Hermawan berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menyampaikan masukan dan informasi. “Saya berharap melalui kegiatan ini para peserta dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam menyampaikan masukan dan informasi, sehingga nanti kedepannya dalam pelayanan tidak ada lagi rasa tidak puas dan saya juga menghimbau agar para peserta juga nanti dapat memberikan infomasi yang di dapat dari kegiatan ini kepada masyarakat yang lainnya,” pungkasnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *