Gantikan Firli Bahuri, Jokowi Tunjuk Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK

Gantikan Firli Bahuri, Jokowi Tunjuk Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK

Nawawi Pomolango ditunjuk Presiden Joko Widodo gantikan ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: PMJ News).

Jakarta – Soal Firli Bahuri yang telah ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), akan digantikan dengan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan keterangannya, Jokowi tidak menjelaskan alasan dibalik dirinya menunjuk Nawawi Pomolango yang akan gantikan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. Dirinya menyebut bahwa telah melakukan banyak pertimbangan namun tak bisa disampaikan.

“Ya banyak pertimbangan tapi enggak bisa saya sampaikan,” ucap Jokowi, pada Sabtu (25/11).

“Banyak pertimbangan memang. Pilihannya ada empat (Wakil Ketua KPK), tetapi apapun kita harus memilih satu (Ketua KPK sementara). Enggak mungkin empat-empatnya kita memilih,” tambahnya.

Diketahui, Nawawi Pomolango merupakan salah satu dari empat Wakil Ketua KPK periode 2019-2023. Orang nomor satu di Indonesia itu juga menuturkan bahwa pemilihan Ketua KPK sementara ini sudah selaras dengan aturan yang berlaku.

“Ya sudah saya tandatangani tadi malam (Keppres pengangkatan Ketua KPK sementara) dan saya kira sudah tahu semuanya memang aturannya seperti itu,” jelasnya.

Jokowi juga berharap Nawawi dapat membawa KPK menjadi lembaga pemberantasan korupsi yang lebih baik lagi setelah terpilihnya ia sebagai ketua yang baru.

“KPK bisa berjalan dengan baik sampai nanti terpilihnya ketua yang baru,” tukas Jokowi. (PMJ News)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *