Junjung Tinggi Demokrasi, Warga Kampung Lontar Kidul Serang Gelar Pemilihan RT-RW Mirip Pilkada

Junjung Tinggi Demokrasi, Warga Kampung Lontar Kidul Serang Gelar Pemilihan RT-RW Mirip Pilkada

Warga kampung Lontar Kidul laksanakan pemilihan ketua RT/RW seperti pemilihan umum legislatif dan presiden. (Foto: Redaksi/cid).

Serang – Pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) dan ketua Rukun Warga (RW) 03 Lontar Kidul, Kelurahan Lontar Baru, Kota Serang, masa bakti 2024-2029 dilakukan secara demokrasi, jujur dan adil Pada Minggu, (9/6).

Diketahui, Pemilihan ini dilakukan sehubungan dengan berakhirnya masa bakti ketua RT dan RW periode sekarang. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) Dan Lembaga Adat Desa.

Ketua RW 03 Lontar Kidul Fathullah mengatakan, Proses pemilihan yang dilakukan secara demokrasi ini guna menjadikan suatu pedoman, serta ajang silaturahmi bagi seluruh warganya.

“Kita ini sama-sama belajar untuk demokrasi dan membuka wawasan setiap orang. Serta ini menjadi ajang kebersamaan juga bagi semua warga,” katanya.

Disisi lain, lanjut Fathullah, dilakukannya pemilihan seperti ini juga menjadi upaya warga dalam menetralisir daripada konflik-konflik yang akan timbul paska adanya kepengurusan RT-RW yang baru.

“Jika sistem pemilihan tunjuk berpotensi timbulnya konflik dan kecemburuan yang akan terjadi dilingkungan warga. Maka kita lakukan pemilihan seperti ini, jelas tidak akan ada gontok-gontokan lagi,” jelasnya.

Diketahui, Pemilihan Ketua RW dan RT layaknya Pemilihan Umum Legislatif dan Eksekutif ini merupakan kali kedua yang dilakukan masyarakat RW 03 Lontar Kidul. Sebelumnya, pemilihan seperti ini pertama kali dilakukan pada 2020 lalu.

Dengan harapan kedepannya dapat menjadikan tatanan masyarakat yang jauh lebih baik lagi, serta terus terjaganya keamanan, kenyamanan dan kerukunan dilingkungannya.

“Tidak ada lagi konflik antar warga setelah dilakukan penghitungan dan penetapan kepengurusan RT dan RW pada periode selanjutnya,” tutupnya.*

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *