Sinergitas KKM UPG Dalam Mendukung Kemajuan UMKM Daerah di Era Digital

Sinergitas KKM UPG Dalam Mendukung Kemajuan UMKM Daerah di Era Digital

Kolaborasi tiga kelompok KKM UPG dalam meningkatkan pemasaran dan strategi yang efektif bagi UMKM kecamatan Anyar. (Foto: ist).

Serang – Dalam rangka meningkatkan jangkauan pasar UMKM, sebanyak tiga kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Primagraha (UPG), menggelar sosialisasi UMKM dalam pemanfaatan dunia digital guna menunjang strategi marketing dan bisnis UMKM di wilayah kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, pada Selasa, (13/8) lalu.

Sinergitas tiga kelompok KKM tersebut melibatkan kelompok 36 Desa Anyar, kelompok 37 Desa Bandulu dan kelompok 43 Desa Sindang Karya. Dengan mengusung tema ‘Digitalisasi Dalam Rangka Meningkatkan Pemasaran dan Strategi yang Efektif Bagi UMKM kecamatan Anyar’ diharapkan dapat memberikan pemahaman dalam memanfaatkan teknologi digital. Sehingga jangkauan pasar dan efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan dapat lebih meningkat melalui digitalisasi marketing.

Dalam kegiatannya, hadir sebagai Narasumber Indra Martha Lusmana, Sekretaris kecamatan Anyar Bachtiar Rifa’i, Koordinator Kecamatan KKM H. Ari Gunadi, DPL Anna Maria Oktaviani dan pelaku UMKM kecamatan Anyar bersama seluruh mahasiswa peserta KKM dari tiga kelompok yang antusias mensukseskan kegiatan sosialisasi tersebut.

Sekretaris Kecamatan Anyar, Bachtiar Rifa’i menjelaskan peran teknologi yang dapat digunakan dalam membantu pengelolaan berbagai macam jenis bisnis secara efisien serta mempermudah interaksi dan komunikasi antara seller dan customer. “Digitalisasi bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat mengubah cara kita berbisnis dan berinteraksi dengan pelanggan,” kata Bachtiar dalam keterangan tulisnya.

Selanjutnya, selama prosesi kegiatan berlangsung, para pelaku UMKM mendapatkan pemahaman dan pelatihan mengenai strategi digital marketing yang dapat terapkan melalui berbagai cara mulai dari platform digital, media sosial hingga e-commerce. Sehingga para pelaku UMKM dapat mengintegrasikan cara tersebut dalam mencapai hasil yang optimal.

Dikesempatan yang sama, Koordinator KKM Kecamatan Anyar, H. Ari Gunardi menyebut melalui pemahaman digital marketing ini pelaku usaha mikro kecil dan menengah mampu meningkatkan daya saing dalam memasarkan produknya di pasar digital.

“Berharap dengan pengetahuan ini, pelaku UMKM di Kecamatan Anyar dapat lebih kompetitif di pasar digital dan mampu mengembangkan usaha mereka dengan lebih efektif,” jelasnya.

lebih lanjut, Sesi diskusi interaktif bersama peserta yang merupakan bagian dari pelaku UMKM daerah juga turut dilakukan, para peserta mengungkapkan berbagai pengalaman menariknya dan tanya jawab dengan narasumber terkait penerapan digitalisasi dalam bisnis online.

Dengan begitu, DPL KKM 43 Desa Sindang Karya, Anna Maria Oktaviani berharap warga pelaku UMKM daerah dapat memanfaatkan teknologi guna meningkatkan daya saing dan efektivitas strategi marketing digital dalam menunjang pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

“Kami sangat senang dengan antusiasme peserta pelaku UMKM dan berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Kecamatan Anyar,” tutupnya.***

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *