Peringati HUT Ke-63 Karang Taruna, KTTM Kelurahan Gelar Festival Karya Seni Panjang Maulid

Peringati HUT Ke-63 Karang Taruna, KTTM Kelurahan Gelar Festival Karya Seni Panjang Maulid

Cilegon – Karang Taruna Tunas Mekar (KTTM) menggelar Festival Karya Seni Panjang Maulid antar RT se-Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Sabtu, (30/10/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Lurah Gerem Rahmadi Ramidin, Ketua PKK, Kasi PPM, Babinsa Serka Agus Hamdani, Bhabinkamtibmas Bripka Asep Irawan, Ketua RT dan RW serta Jajaran Pengurus Karang Taruna Tunas Mekar (KTTM) Kelurahan Gerem.

Lurah Gerem Rahmadi Ramidin mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati bulan Bakti Karang Taruna ke-63 dan juga Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Jadi kami dari Kelurahaan Gerem berkolaborasi dengan Karang Taruna Tunas Mekar untuk menyelenggarakan festival kreasi budaya panjang maulid khusus di wilayah Kelurahan Gerem,” kata Rahmadi Ramidin saat ditemui awak media usai kegiatan, Sabtu, (30/09/2023).

Dikatakan Rahmadi, bahwa kegiatan ini baru pertama kalinya diselenggarakan di Kelurahan. Selain itu, Menurunya, kegiatan ini juga dapat membangkitkan giro dan semangat dalam menjaga serta melestarikan kearifan local diwilayah sekitar.

“Iya, jadi ini momen yang pertama, kami menyelenggarakan kegiatan panjang maulid dalam rangka menjaga dan melestarikan kearifan local yang ada di sekitar kita. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi berkelanjutan untuk menjaga eksistensi budaya panjang Maulid di masyarakat khususnya Kelurahan Gerem,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Sukandar menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan Bakti (HUT-red) ke-63 Karang Taruna ke-63 serta Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Karena bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, kita pengurus Karang Taruna Tunas Mekar Kelurahan Gerem membuat suatu ide dan gagasan untuk mengadakan acara Festival Seni Kreasi Panjang Maulid antar RT se-Kelurahan Gerem,” jelasnya.

Dikatakan Sukandar, bahwa Festival Kreasi Seni Panjang Maulid mengangkat tema “Dengan Seni Merajut Silaturahmi” tersebut bertujuan untuk menyatukan warga untuk tetap bersatu.

“Dengan silaturahmi ini, Kami berharap kepada masyarakat khususnya di Kelurahan Gerem ini untuk tetap terus bersatu dalam membangun,” katanya.

Menurutnya, untuk menentukan juara 1, 2, 3, dan juara harapan 1. Tim juri memiliki empat kriteria penilaian yakni, kesesuaian tema bulan maulid, besar ukuran, kerapihan dan unik atau kreatifnya.

“Untuk Juara 1 diraih Link. Gerem Talang, RT. 01/RW.08, Juara ke 2 diraih Link. Watu Lawang, RT. 01/RW.09, Juara 3 dari Link. Cupas Wetan, RT. 01/RW.07, sedangkan Juara Harapan 1 diraih Link. Sumur Jurang, RT. 01/RW.10, masing-masing juara mendapat uang pembinaan, sertifikat dan tropi,” pungkasnya. (SAF/Red).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *