Bimtek Kader Pangan B2SA, Plt. Kepala DKPP Cilegon Dapat Turunkan Angka Stunting

Bimtek Kader Pangan B2SA, Plt. Kepala DKPP Cilegon Dapat Turunkan Angka Stunting

Cilegon – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) para Kader Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Kota Cilegon, Senin, (09/10/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung penurunan angka stunting dan mengatasi daerah rawan pangan di Kota Cilegon.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) DKPP Kota Cilegon Eva Sarifah mengatakan kegiatan bimtek tersebut untuk membina para kader pangan yang ada di Kota Cilegon.

“Alhamdulillah, kegiatan Bimtek B2SA hari ini sudah berjalan selama 2 hari. Bimtek ini tujuannya adalah untuk memberikan pembinaan para kader pangan yang ada di Kota Cilegon, agar dapat mensosialisasikan B2SA kepada masyarakat Cilegon,” kata Eva Sarifah saat ditemui usai kegiatan Bimtek B2SA, di Aula DKPP Kota Cilegon, Senin, (09/10/2023).

Menurut Eva, Bimtek ini merupakan dukungan dari DKPP Kota Cilegon untuk menurunkan angka stunting di Kota Cilegon. Selain itu, pola makanan yang diberikan kepada anak stunting harus benar-benar bergizi.

“Untuk pemberian pola makan kepada balita di bawah 2 tahun, balita usia 2 sampai 5 tahun, dan usia 5 sampai 12 tahun harus terpola pemenuhan gizinya,” jelasnya.

Dikatakan Eva, bahwa untuk penanganan anak stunting, pihaknya telah memberikan bimtek untuk para kader pangan karena sebagai pihak yang lebih mengetahui keadaan di masing-masing wilayahnya.

“Kader ini juga banyak stakeholder yang menggunakan jasa mereka, jadi sebetulnya kader adalah garda terdepan untuk semua. Kalau dulu itu ada istilah empat sehat lima sempurna, untuk gizi seimbang, karena mau tidak mau, suka tidak suka, kader itu yang dekat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Kota Cilegon, Cahyaning Sukarti mengungkapkan bahwa kegiatan bimtek ini merupakan dukungan dari DKPP Kota Cilegon dalam upaya menurunkan angka stunting.

Ia juga berharap para kader pangan bisa membagi ilmunya kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. Sehingga, ibu-ibu tahu dan dapat memberikan asupan makanan yang bergizi kepada anaknya

“Kegiatan bimtek ini kami lakukan sebagai support atau dukungan dari DKPP Kota Cilegon untuk menurunkan angka stunting, semoga para peserta bisa mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sebaik mungkin, sehingga bisa menghasilkan hasil positif kedepannya,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri sebanyak 40 peserta yang terdiri dari perwakilan Bappeda Kota Cilegon, Analis Ketahanan Pangan DKPP Kota Cilegon, Pokja 3 Kota Cilegon, Pokja 3 Kelurahan, Kader Posyandu, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Cilegon. (Dhe/Red).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *