Jelang Pilkada, KPU Cilegon Sosialisasi Peraturan Tentang Pencalonan Kepala Daerah

Jelang Pilkada, KPU Cilegon Sosialisasi Peraturan Tentang Pencalonan Kepala Daerah

Cilegon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mensosialisasikan peraturan Komisi pemilihan umum nomor 8 tahun 2024,tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, di The Royal Hotel Krakatau, Rabu, (24/07/2024).

Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut Komisioner KPU Banten, Komisioner KPU kota Cilegon, Bawaslu Cilegon, Polres Cilegon, Kodim 0623/Clgon, Pimpinan Partai Politik, Mahasiswa dan Tamu undangan lainnya.

Kepala Divisi Teknis Pencalonan KPU Kota Cilegon, Urip Haryantoni menjelaskan bahwa peraturan pencalonan Gubernur Bupati dan walikota ini salah satu nya peraturan syarat-syarat pendaftaran yang berkaitan dengan usia itu jadi format terbaru.

Lanjut Urip mengatakan dalam Mahkamah Agung batas usia kepala daerah Bupati, Walikota dan Gubernur itu 35 tahun.

“Sampai saat ini kalau untuk pelantikan kepala daerah terpilih sampai saat ini kita belum menerima keputusan, dan kita menunggu dari pemerintah pusat kapan jadwal pastinya,” jelasnya.

Menurutnya untuk calon yang masih aktif jadi anggota DPRD dan ASN itu wajib mengundurkan diri. Dalam hal ini ASN, TNI, Polri, dan Kepala Desa itu menjadi perhatian KPU.

“Untuk Walikota, Bupati dan Gubernur yang akan maju kembali dan masih dalam tahap 1 periode, maka diperbolehkan cuti dan masa cuti itu hanya khusus saat melakukan kampanye bukan saat mulai tahapan kampanye,” terangnya.

Urip mengungkapkan bahwa di Kota Cilegon pada Pilkada tahun 2024 ini tidak ada dari jalur independen yang mendaftar.

*Sampai saat ini KPU masih menunggu pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon dari Partai Politik. Mari kita sama-sama mengawal administrasi pendaftaran pencalonan mulai dari Gubernur, Bupati maupun Walikota,” pungkasnya. (Dhe/Red).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *