Berikan Edukasi Kepada Warga, Mahasiswa KKM 13 Uniba Gelar Seminar Kesehatan di Kelurahan Terumbu

Berikan Edukasi Kepada Warga, Mahasiswa KKM 13 Uniba Gelar Seminar Kesehatan di Kelurahan Terumbu

Mahasiswa KKM kelompok 13 Universitas Bina Bangsa bersama Lurah Kelurahan Terumbu Mujiono sukseskan kegiatan seminar kesehatan. (Foto: ist.)

Serang – Dalam Rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan stunting melalui pola asuh dan pemberian gizi seimbang pada anak, peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 13 Universitas Bina Bangsa (Uniba) sukses menyelenggarakan seminar kesehatan di kelurahan Terumbu, kecamatan Kasemen, kota Serang, pada Rabu (7/8) kemarin.

Seminar yang bertajuk ‘Smart Parenting Dalam Menciptakan Generasi Sehat Bebas Stunting’ tersebut dihadiri UPTD Puskesmas Kilasah Ratu Fitria Ningrat Istiqomah dan Dosen Psikolog Ririn Nur Abdiah Bahar, serta puluhan peserta seminar yang turut mensukseskan kegiatan ini.

Lurah Kelurahan Terumbu Mujino menjelaskan, kegiatan seminar ini merupakan bentuk kontribusi nyata yang diberikan mahasiswa kepada masyarakat dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di sektor kesehatan.

“Dengan seminar ini masyarakat semakin paham akan pentingnya memberikan asupan gizi yang cukup dan seimbang bagi anak-anak, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan,” kata Mujiono.

Dalam kegiatannya, pembekalan pengetahuan kepada warga tentang stunting berikut dengan dampak yang ditimbulkan dalam jangka panjang, dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

Kemudian seminar ini juga dilengkapi dengan sesi diskusi interaktif, warga memiliki kesempatan untuk bertanya secara langsung seputar kesehatan dan perkembangan anak. Tak hanya itu, sebagai bentuk dukungan terhadap pencegahan stunting, pemberian susu dan biskuit juga turut dilakukan oleh mahasiswa peserta KKM 13 Uniba.

Dengan demikian, warga Kelurahan Terumbu merasa terbantu dengan pengetahuan baru yang mereka dapatkan. “Menjadi lebih mengerti bagaimana cara memberikan makanan bergizi untuk anak. Terima kasih untuk mahasiswa KKM 13 yang sudah mengadakan seminar ini,” seru Hasanah, warga peserta seminar.

Selanjutnya, paska kegiatan ini dilakukan mahasiswa KKM 13 akan terus mengawal perkembangan anak-anak di kelurahan Terumbu dengan menyambangi posyandu secara berkala. Program pendampingan dan edukasi ini, nantinya akan terus dilakukan hingga masa akhir tugas KKM.

Dengan begitu, melalui seminar ini mahasiswa KKM 13 berharap dapat turut serta dalam upaya pencegahan stunting dan meningkatkan kualitas kesehatan anak di Kelurahan Terumbu. Sehingga mereka bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas.*

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *