Gelar Aksi Demontrasi, Massa Ampera: Tegakkan Konstitusi Selamatkan Demokrasi

Gelar Aksi Demontrasi, Massa Ampera: Tegakkan Konstitusi Selamatkan Demokrasi

Massa Aksi Demonstrasi Ampera Blokade Jalan desak pemerintah Selamatkan demokrasi dan konstitusi. (Foto: Act/ReportaseBanten).

Serang – Ratusan masa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemuda Untuk Rakyat (Ampera) menggelar aksi demontrasi di lampu merah Ciceri, pada hari ini, Kamis (22/8).

Dalam aksinya, mahasiswa menyampaikan orasinya dengan melakukan penutupan jalan utama di kota Serang. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya dalam menegakkan konstitusi dan menyelamatkan demokrasi yang tengah dikebiri oleh pemerintah.

“Lingkungan institusi dikhianati oleh DPR RI yang justru seharusnya menyerap aspirasi rakyat, dan sudah jelas kawan-kawan setingkat nasional melaksanakan aksi untuk bagaimana menegakkan konstitusi sebagaimana menyelamatkan demokrasi yang ada di negara kita,” ucap M Nur Latif dalam keterangannya saat diwawancarai awak media, pada Kamis, (22/8/24).

Ia menyebut saat ini tengah mengawal paripurna DPR RI yang sempat tertunda. Latif juga mengatakan akan adanya berbagai aksi lanjutan jika memang DPR RI saat ini hanya menunda-nunda saja, dan tidak membatalkan daripada pengesahan RUU Pilkada ini yang dianggap sebagai upaya ‘Penjagalan’ daripada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) oleh DPR.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Ahmad Sufmi Dasco memastikan proses pemilihan Pilkada tetap mengacu pada putusan MK. Dengan begitu, dirinya memastikan pengesahan RUU Pilkada dibatalkan.

Dasco juga menekankan, tidak akan ada jadwal paripurna lanjutan, sebelumnya telah dijadwalkan pada Kamis dan Selasa nanti, tetapi akan bertabrakan dengan jadwal pendaftaran calon kepala daerah.

Kendati begitu, Lutfi berharap mahasiswa bersama rakyat dapat terus mengawal isu serupa, lantaran dapat mengakibatkan rusaknya konstitusi.

“Meski sudah ada statmen dari Wakil Ketua DPR tentang pembatalan pengesahan (RUU Pilkada). Kita tidak boleh percaya begitu saja sebelum diparipurnakan,” tegasnya.*

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *