Hadapi Pilkada Serentak 2020 di Banten, Golkar Usung Kader Internal

Hadapi Pilkada Serentak 2020 di Banten, Golkar Usung Kader Internal

Tangsel – Menghadapi Pilkada serentak 2020 di Provinsi Banten, Partai Golkar menggelar rapat konsolidasi Pilkada serentak 2020, di Swissbel Hotel Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (11/2/2020).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Umum Koordinator Pemenangan Pemilu DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung. Turut mendampingi Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah I DPP Golkar M Q Iswara dan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Golkar Andika Hazrumy.

Andika Hazrumy seusai rapat kepada wartawan mengatakan, rapat konsolidasi digelar untuk menyerap aspirasi DPD II Golkar di Jawa Barat dan Banten dalam menghadapi Pilkada serentak 2020.

“Aspirasinya DPD II di Jabar dan Banten ingin agar partai mengusung kader internal dalam perhelatan Pilkada serentak 2020,” dari empat daerah di Provinsi Banten, baru dua daerah yang sudah final mengusung kader internal. Yakni Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Sementara pilkada Kabupaten Pandeglang dan Tangsel, DPP Partai Golkar belum memberikan rekomendasi. kata Andika.

Menurut Andika, aspirasi tersebut sejalan dengan arahan DPP Golkar yang menargetkan agar Golkar memenangi Pilkada di Jabar dan Banten dalam Pilkada serentak 2020 kali ini.

“Pak Ketum (Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto) menginginkan agar Jabar dan Banten menjadi lumbung suara partai di Pilkada 2020 ini sebagai landasan bagi kemenangan di Pilpres 2024 mendatang,” ujarnya.

Andika mengatakan, DPD Kabupaten Serang telah memutuskan akan kembali mengusung kader internal yakni petahana Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang juga adalah Ketua DPD Golkar Provinsi Banten. Sedangkan DPD Golkar Kota Cilegon juga telah memutuskan untuk mengusung kadernya yakni Ati Marliati yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Cilegon.

Andika menyatakan, hasil laporan dari pengurus Golkar Kota Tangsel, beberapa nama sudah muncul antara lain Andiara dan Pilar Saga Ichsan. Sedangkan untuk Pandeglang pasangan petahana Irna Narulita dan Tanto Warsono Arban. ”Nama-nama tersebut baru sebatas usulan. Hasilnya ada di rapat pleno pengurus daerah kabupaten kota.

Andika Hazrumy menargetkan awal Maret, Kota Tangsel dan Kabupaten Pandeglang harus sudah memberikan nama kader yang diusung.  ”Dua daerah (Tangsel dan Pandeglang-red) masih menunggu hasil pleno. Tapi, kami minta awal bulan Maret sudah ada nama yang direkomendasikan ke DPD Banten dan DPP,” jelasnya.

”DPP akan melakukan survei secara nasional sebagai tolok ukur partai merekomendasikan pasangan calon yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Andika.

Untuk wilayah Jawa I (Jakarta, Banten, dan Jabar) ada 12 daerah yang akan menggelar pilkada. ”Makanya rapat konsolidasi ini DPP ingin menyaring dan menyiapkan strategi dari awal. Untuk 12 daerah yang melakukan pilkada terdiri Banten empat wilayah dan delapan di Jawa Barat. Kita target 10 wilayah menang,” tegas Andika. (Red)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *