Buka Diklatpim II, Gubernur Banten : Harus Mampu Lahirkan Pemimpin Berkompetensi

Buka Diklatpim II, Gubernur Banten : Harus Mampu Lahirkan Pemimpin Berkompetensi

Gubernur Banten Wahidin Halim membuka Diklat Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2019 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Banten, Pandeglang, Selasa (23/7/2019). Dalam arahannya, Gubernur mengatakan bahwa melalui Diklat ini dapat menghasilkan alumni tidak hanya memiliki kompetensi tetapi juga mampu menunjukan kemampuan untuk membentuk kepemimpinan yang strategis dalam rangka menghadapi dinamika lingkungan organisasi, mendorong perubahan organisasi yang berdampak bagi organisasi sesuai dengan tanggung jawab organisasinya.

Peserta PKN berjumlah 52 orang pejabat pemerintah esselon II yang telah mendapatkan penugasan dari instansinya dan telah memenuhi persyaratan adminstrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Orang-orang dari berbagai penjuru datang ke BPSDM Banten, suatu kepercayaan yang luar biasa untuk Diklat,” ujar Gubernur mengawali sambutannya.

Dijelaskan Gubernur, PKN diharapkan dapat dijadikan ajang saling berbagi informasi dan pengalaman masing-masing peserta. Untuk itu Gubernur menyarankan para peserta untuk mengikuti diklat sampai selesai.

“Apapun kendala yang dihadapi oleh masing-masing peserta, harus selesai. Karena itu bagian dari perjalanan dan perjuangan, Insya Allah memberikan keberkahan atas niat baik dan kemauan semangat untuk belajar serta jangan merasa terlambat untuk belajar,” tutur Gubernur

Kepala BPSDM Provinsi Banten Endrawati melaporkan, tujuan penyelangaraan diklat PKN ini adalah mengembangkan kopetensi kepemimipinan strategis pada jabatan pimpinan tinggi jabatan pimpinan tinggi pratama yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing, dengan sasarannya adalah menghasilkan pegawai negeri sipil yang memiliki kemampuan memimpin pada jenjang jabatan pimpinan tinggi pratama.

Lebih lanjut Endra menjelaskab, kompetensi dibangun pada PKN tingkat II adalah kompetensi kepemimpinan strategis yang merupakan kopetensi manejerial peserta untuk menjamin akuntabilitas jabatan yang meliputi tersusunnya rumusan alternatif kebijakan yang memberikan solusi, tercapainya hasil kerja yang selaras dengan tujuan organisasi, terwujudnya pengembangan strategi yang berintegrasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi dan terwujudnya kapabilitas untuk kerja dan mencapai sasaran organisasi.

Sementara itu, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara Repubilk Indonesia Basseng mengatakan, peserta PKN nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal dan kualitas penyelenggaraan pelatihan akan meningkat, sekaligus menjadi momentum bagi peserta untuk melakukan transformasi yang besar didalam dirinya.

Lebih lanjut Basseng menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Gubernur Banten beserta jajarannya yang telah menginisiasi penyelenggaraan PKN tingkat II ini dengan penuh antusiasme, sehingga apa yang telah direncanakan bisa diwujudkan.

“Serta LAN RI berharap semoga kerjasama yang sudah terjalin dengan jajaran pimpinan Provinsi Banten dapat dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan dimasa yang akan datang,” ujar Basseng.

Tinjau Fasilitas BPSDMD

“Pokoknya, komitmen saya untuk mengembangkan BPSDMD (Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia) ini untuk memenuhi kualifikasi standar nasional.”

Demikian diungkap Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) saat meninjau fasilitas BPSDMD Provinsi Banten di Kabupaten Pandeglang bersama Deputi Bidang Penyelenggaraan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Basseng didampingi Kepala BPSDMD Provinsi Banten Endrawati kepada wartawan seusai pembukaan diklatpim II

“Kita sekarang statusnya sudah bisa untuk menggelar diklat tingkat nasional. Saat ini untuk Diklatpim Nasional,” tambahnya.

“Kita akan membangun aula yang memenuhi standar, minimal mampu menampung 200 orang,” tambahnya.

Sementara itu Deputi Bidang Penyelenggara Kompetensi LAN RI Baseng mengapresiasi langkah Gubernur Banten yang telah melengkapi BPSDMD Provinsi Banten yang cukup bagus.

” Kita sangat mengapresiasi langkah Gubernur Banten menyiapkan fasilitas sebagus ini,” ungkapnya.

Sebagai informasi, saat ini BPSDMD Pemprov Banten sedang digelar Pelatihan Kepemimpinan Tingkat 2 Angkatan XXI. Pemprov Banten telah melengkapi beberapa sarana dan fasilitas BPSDMD sekelas hotel bintang tiga.

Diantaranya, membangun fasilitas 22 kamar tipe dua tempat tidur (double bed). Ruang auditorium, lintasan jogging, sarana outbond, serta aarana perpustakaan.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak Gubernur. Kami akan menjaga kepercayaan itu dengan menjaga dan meningkatkan kualitas kepelatihan di BPSDMD Provinsi Banten,” ungkap Kepala BPSDMD Provinsi Banten Endrawati.

PRESS RELEASE
DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN PROVINSI BANTEN
BIDANG APLIKASI, INFORMATIKA, DAN KOMUNIKASI PUBLIK
Nomor: 488/464-Kominfo/VI/2019
Nomor: 488/465-Kominfo/VI/2019

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *