Erteka Giga Indonesia Wilayah Banten Gelar Webinar Edukasi Perlindungan Keluarga Dari Kebebasan Perilaku Menyimpang

Erteka Giga Indonesia Wilayah Banten Gelar Webinar Edukasi Perlindungan Keluarga Dari Kebebasan Perilaku Menyimpang

Keluarga ada unit sosial terkecil di masyarakat. Ada dua peran utama keluarga yaitu sebagai pilar bangsa dan wadah pembentuk SDM berkualitas. Kondisi dan isu sosial, ekonomi, politik, budaya serta keamanan global sangat memengaruhi ketahanan keluarga. Oleh sebab itu, keluarga perlu mendapatkan perlindungan dari berbagai ancaman dan tantangan yang ada.

Ancaman perilaku menyimpang sebagai gerakan global yang kini sudah terasa fenomenanya dan semakin marak, perlu diantisipasi dalam rangka perlindungan keluarga Indonesia.

Perlindungan keluarga inilah yang sedang dilakukan oleh Relawan Titian kebaikan (eRTeKa), yang merupakan gugus tugas Perhimpunan Penggiat Keluarga (GiGa Indonesia), yang diinisiasi oleh Ketua GiGa Indonesia, Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si.

Perhimpunan Penggiat Keluarga (GiGa) Indonesia adalah wadah berhimpun dan berjejaringnya para pihak (ahli, praktisi, pemerhati, maupun peminat, baik secara perorangan maupun secara kelembagaan) yang peduli dan ingin berpartisipasi dalam pembangunan keluarga. Perhimpunan GiGa Indonesia ini didirikan pada tahun 2014 oleh Ketua GiGa Indonesia, Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si (Guru Besar IPB di Bidang Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga). Adapun yang menjadi Visi GiGa Indonesia adalah “membangun ketahanan keluarga untuk mencapai keluarga sejahtera dan berkualitas”.

Erteka GiGa saat ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, mulai dari Bogor, Jakarta, Depok, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, NTB, Banten, Tasikmalaya, dan beberapa wilayah lain di Indonesia, berisikan sekumpulan relawan, konselor dan psikolog professional yang hadir untuk memberikan layanan perlindungan keluarga dari gerakan kebebasan perilaku menyimpang melalui edukasi yang bersifat preventif sampai dengan layanan konsultasi gratis, yang bersifat kuratif, kepada individu dan keluarga.

Kegiatan webinar pada hari ini, Sabtu (26/9/2020) merupakan rangkaian kegiatan dari beberapa kegiatan erteka GiGa yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kondisi Pandemi tidak menyurutkan aksi erteka GiGa dalam upaya perlindungan keluarga Indonesia dari gerakan kebebasan penyimpangan perilaku. Sebelumnya telah dilaksanakan Pelatihan online erteka yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan, dengan peserta yang tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kegiatan Webinar hari ini terselenggarakan atas partisipasi erteka GiGa Banten, setelah sebelumnya di Yogyakarta, dan akan dilanjutkan kegiatan webinar di Nusa Tenggara Barat.

Para pembicara dan moderator webinar Perlindungan Keluarga yaitu Mutoharoh, S.Pd.I., M.Pd.; Asep Kurniawan, S.Pd.I., M.Pd.; Alim Nur Kholif Hidayatullah Asfandi, Lc.; Nuris Azizah, S.Pd.; Achmad Anwar Sanusi, SE.; dan R. Ifah Kholifah, P., S.Si. (Jamal Lunahar)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *