Kunjungi Polda Banten, Komisi 1 DPRD Banten Bahas Pengamanan Pilkada Serentak

Kunjungi Polda Banten, Komisi 1 DPRD Banten Bahas Pengamanan Pilkada Serentak

Wakil Ketua DPRD Banten Budi Prajogo memberikan cinderamata kepada Wakapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Wirdhan Denny.,M.M.,M.H. Foto Istimewa

Serang – Wakil Ketua DPRD Banten, Budi Prajogo selaku Koordinator Komisi I bersama Komisi I DPRD Banten melakukan kunjungan kerja ke Mapolda Banten. Rabu, (14/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Komisi 1 DPRD Provinsi Banten dan rombongan tersebut disambut langsung oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Wirdhan Denny.,M.M.,M.H., dan PJU Polda Banten.

Wakapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Wirdhan Denny.,M.M.,M.H mengatakan, kunjungan Komisi 1 DPRD Provinsi Banten tersebut dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak di wilayah hukum Polda Banten.

“Kunjungan teman-teman komisi 1 DPRD Provinsi Banten, dimana tadi kita membahas persiapan pengamanan Pilkada serentak,” kata Wakapolda di Aula Serba Guna Polda Banten. Rabu, (14/10/2020).

Wakapolda mengungkapkan, bahwa Pilkada merupakan bentuk pemilihan kepala daerah. Sehingga Polda Banten memiliki tanggung jawab dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi bakal calon Kepala daerah dan masyarakat.

“Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan suatu proses konsolidasi demokrasi untuk memunculkan kepala daerah yang berkualitas, melahirkan stabilitas politik, pemerintahan yang efektif, dan bisa diterima oleh rakyat. Dimana dalam pelaksanaannya sering terjadi kompetisi atau persaingan antar bakal calon Kepala Daerah baik yang berasal dari independen ataupun yang diusung oleh partai politik dan atau gabungan partai politik,” ujar Wirdhan Denny.

“Kuatnya persaingan antar bakal calon Kepala Daerah, tentunya menjadi potensi konflik yang mesti menjadi perhatian tersendiri bagi Polri yang memiliki tugas pokok dan peranan dalam memelihara kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakatserta menegakkan hukum,” tambahnya.

Ia mengatakan, dalam rangka menghadapi agenda demokrasi pemilihan kepala daerah ini, Polda Banten telah mempersiapkan diri baik sarana prasarana maupun personel guna mendukung pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada. “Untuk mempermudah serta memberikan pedoman bagi anggota dalam pelaksanaan tugas di lapangan selama pengamanan Pilkada, maka telah dibuat suatu produk berupa SOP (Standar OperasionalProsedur) Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banten, Budi Prayogo mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan Polda Banten. Dirinya berharap, sinergitas Polda Banten dengan DPRD Banten dapat terus ditingkatkan terutama menghadapai pilkada serentak 2020.

“Semoga sinergitas Polda Banten dengan DPRD Banten dapat terus ditingkatkan,” harapnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *