BPBD Banten Akan Menggelar Ekspedisi Desa Tangguh Bencana

BPBD Banten Akan Menggelar Ekspedisi Desa Tangguh Bencana

KP3B – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten akan menggelar Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) tingkat provinsi Banten tahun 2019. Ditemui seusai rapat akhir evaluasi kegiatan ekspedisi Destana, bertempat di Aula Inspektorat Banten, Jumat (02/08/2019). Plt Kepala BPBD Banten E. Kusmayadi mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Agustus 2019.

Kusmayadi mengatakan kegiatan Destana ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang terdapat di Wilayah rawan bencana tsunami, juga akan dilakukan sosialisasi ke Sekolah-sekolah baik tingkat dasar, menengah pertama dan menengah atas. Serta akan dilakukan edukasi kebencanaan melalui film pengurangan resiko bencana.

Selain sosialisasi dan edukasi juga akan dilakukan penilaian ketangguhan desa yang terdapat di wilayah rawan bencana, penilaian ini akan dilakukan oleh tim Akademisi yang terdiri dari Universitas Tirtayasa, Universitas Banten Jaya, Univesitas Serang Raya, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, BPH Serang. Lanjut Kusmayadi.

Kusmayadi menjelaskan kegiatan Destana akan dilaksanakan di 4 wilayah yaitu Kabupaten Lebak, Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. kegiatan Destana ini akan di ikuti oleh OPD dilingkungan pemerintah provinsi Banten yang terkait yaitu Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Parawisata, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, UPT KCD Lebak, UPT KCD Pandeglang, UPT KCD Seragon serta pemerintah kabupaten dan kota di empat wilayah tersebut.

Kegiatan ini juga akan melibatkan relawan dari BPBD Provinsi Banten, relawan BPBD Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Serta relawan dari Organisasi seperti PMI Provinsi Banten, BMKG Stageof Tangerang, Pramuka Kwarda Banten, Indonesia Off-Road Federation (IOF), ORARI BANTEN, RAPI BANTEN, MDMC MUHAMMADIYAH BANTEN, LAZ HARFA BANTEN, LAZNAS NURUL HAYAT, IKATAN APOTEKER INDONESIA dan LPBI NU. Serta juga melibatkan dunia usaha seperti PT. KIEC / Zona 2, PT. Dover Chemikal / Zona 3, PT. Pertamina, PLTU Labuan, PHRI Banten, CSR Banten, PLTU Suralaya, Bank Banten, PT. Cemindo Gemilang, Marbella Hotel, PT. ASDP Merak. Ujar Kusmayadi.

Penulis : Adityawarman

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *