Elemen Mahasiswa Serang Utara Tolak Sodetan Long Storage Ciujung Lama

Elemen Mahasiswa Serang Utara Tolak Sodetan Long Storage Ciujung Lama

Aktifis CI dan elemen Mahasiswa Serang Utara lakukan aksi damai menolak pembangunan sodetan Long Storage Ciujung Lama. Foto istimewa

Pembangunan Long Storage (Waduk Penampungan Air Baku) di sungai Ciujung Lama menuai kontroversi dari berbagai kalangan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di Bantaran Sungai Ciujung Lama (Kali Mati). Pasalnya, Long Storage tahap II ini dianggap tidak sesuai dengan perencanaan awal, yang semula hanya menormalisasi kali Mati (Ciujung Lama), sampai berujung kepada pembangunan Intake atau saluran pengambilan air dari sumber air Ciujung Lama (Kali Jongjing).

Menanggapi hal tersebut, Ahmad Muhajir ketua Bidang Etika Lingkungan Hidup Ciujung Institute (CI) dalam siaran persnya, Kamis, (25/3/2021), menegaskan, “Kalau CI sangat setuju dan akan terus mendukung normalisasi Sungai, tapi kalau untuk pembangunan Intake (Saluran Penampungan Air Baku) yang menghubungkan antar Sungai Ciujung Baru (Kali Jongjing) yang sudah tercemar Limbah ke Sungai Ciujung Lama (Kali Mati), ini yang akan menjadi masalah baru bagi warga yang tinggal dibantaran Sungai. Pungkasnya.”

Untuk diketahui, Sungai Ciujung Lama yang masih terjaga kualitas Airnya merupakan satu-satunya sungai yang menjadi harapan terakhir masyarakat Serang Utara. Bila Air sungai Ciujung Baru yang terkontaminasi Limbah industri itu masuk ke daerah Aliran Sungai Ciujung Lama (Kali Mati) Pontang, Tirtayasa, dan Lebak Wangi, tentu akan menjadi malapetaka baru bagi seluruh masyarakat yang tinggal di Bantaran Sungai.

Hal senada di sampaikan ketum PP GAMSUT Saefullah, “Pada dasarnya kami mendukung Normalisasi Sungai Ciujung Lama. Sejak awal kami mengawal penuh Project Normalisasi ini, karena ini tentang hajat Banyak Masyarakat Serang Utara. “Tak terbantahkan bahwa air adalah komponen paling mendasar dan esensial bagi kehidupan dan makhluk hidup lainnya”

Memasuki Tahap ke II Normalisasi, Kami mendapati Pembangunan yang tidak sesuai dengan konsepsi Awal “Long Storage” Dimana terdapat pembangunan Intake/sodetan yang bersumber dari Sungai Limbah Ciujung Baru.  Secara tegas kami menolak dan menghentikan Pembangunan Sodetan Ciujung Baru. Jangan Kotori Ciujung Lama. Selamatkan Ciujung Lama.

Dan siang tadi kami gerakan Mahasiswa Serang Utara melakukan aksi memasang spanduk penolakan bersama2 masyarakat untuk menyuarakan penolakan pembangunan Intake yang menghubungkan Ciujung baru yang tercemar limbah ke Ciujung Lama yang sedang normalisasi ini.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *