Bangun PSU untuk Masyarakat, Pemprov Banten Tingkatkan Kualitas Kehidupan

Bangun PSU untuk Masyarakat, Pemprov Banten Tingkatkan Kualitas Kehidupan

Pj. Gubernur Banten menanda tangani prasasti Balai Warga yang merupakan PSU DPRKP Banten. (Foto: Ist).

Serang – Pemprov Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi Banten membangun Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU). Pembangunan PSU itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, pemerintah hadir memfasilitasi pelayanan kepada masyarakat dalam kerangka kerja terkait infrastruktur. Awal tahun lalu, melalui Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak Pemprov Banten, pihaknya meresmikan PSU hasil pembangunan tahun 2023.

Al Muktabar meresmikan Balai Warga RW 03 Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Balai warga ini merupakan salah satu dari program peningkatan PSU DPRKP Provinsi Banten Tahun 2023 di Kota Tangerang yang dilaksanakan pada 86 lokasi.

Balai warga yang diresmikan Al Muktabar itu telah berfungsi untuk pertemuan-pertemuan, tempat silaturahmi warga, hingga acara Posyandu. Balai warga itu lingkungannya telah terintegrasi dengan adanya tempat olahraga, kolam, hingga tempat ibadah.

Ditegaskan Al Muktabar, Pemprov Banten bersama Pemerintah Kabupaten/Kota selalu melekat bersama.  “Pada dasarnya, semua kinerja Pemerintah Provinsi untuk Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Selain di Kota Tangerang, Al Muktabar juga meresmikan PSU di Kabupaten Pandeglang. Salah satunya adalah Jalan Lingkungan Kampung Cipacing, Desa Ciputri, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang dengan konstruksi paving block. Jalan lingkungan bagus turut tingkatkan kualitas kehidupan masyarakat. “Kita meresmikan jalan lingkungan itu basisnya usulan masyarakat, terus kita wujudkan,” tuturnya.

Dijelaskan, PSU bagian dari penatakelolaan lingkungan karena hal-hal yang menyangkut stunting, gizi buruk, tentang kekumuhan dan seterusnya ada hubungannya dengan PSU. Sehingga, PSU digulirkan.

“Tentu dengan teraturnya jalan yang baik mempercepat alur masyarakat, tidak terjadi kekumuhan. Itu juga berdampak dalam rangka kita menangani kesehatan masyarakat. Mulai dari stunting hingga kemiskinan ekstrem. Dengan percepatan transportasi, maka produk-produk yang ada di rumah tangga bisa terakses keluar. Atau pulang dari pasar jadi lebih cepat,” ujar Al Muktabar.

Kepala DPRKP Provinsi Banten M Rachmat Rogianto mengatakan, pada tahun 2023, peningkatan PSU di Kabupaten Pandeglang dilaksanakan pada 296 titik.  “Sudah terbangun semua,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bentuk PSU di Provinsi Banten ada jalan lingkungan, balai warga, drainase, hingga beberapa masjid. Untuk tahun 2024, pihaknya masih akan melakukan survei terlebih dahulu.

Rachmat berharap pembangunan hasil usulan masyarakat ini dapat dimanfaatkan dan memberikan kontribusi kepada warga.

Pj Walikota Tangerang Nurdin menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan jajaran yang selalu memberikan perhatian kepada Kota Tangerang.

“Untuk pembangunan balai warga kita berterimakasih. Pemerintah Kota sedang melakukan transformasi Posyandu yang ada menjadi konsep terintegrasi menjadi balai warga seperti yang sekarang ini,” ujarnya. (Adv)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *